Tentang Hari Santri

Kemarin tanggal 21 Oktober 2017 di Ponpes Al-Husna mengadakan acara Sholawat Bersama. Acara ini diselenggarakan dalam memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017 sekarang. Banyak sekali acaranya antara lain, gambus, hadrah, pembacaan ayat suci Al-Quran,teater komedi, dll. Tetapi.. sepertinya aku sangat menyesal tidak bisa mengikuti acara tadi malam. Soalnya pas aku lagi pulang kampung sih πŸ˜€ 

Ngomong ngomong tentang santri, sebenernya aku bukan santri yang baik, bandel iya soalnya sering pulang rumah, dan kalo sudah di rumah lama ga pulang pulang pondok lagi wkwkwk. Karena di pondok ada beberapa aturan yang tidak boleh di langgar yaitu tentang Sholat berjamaah ( ketika berada di dalam pondok) dan Mengaji ( Diniyah dan ngaji setelah subuh). Hukumanya (kalo di Alhusna dikenal dengan nama Takziran ) membaca surat Al-Baqarah. Sedangkan kalau pas ada kuliah malam, kita telat pulang ke pondok maka kita akan dikenakan Takziran baca Al-Baqarah sambil berdiri dan berjemur menikmati terik sinar matahari dan tak lupa memakai kalung kebanggaan yang bertuliskan β€œ Maaf Saya Telat Pulang”. Selain tidak jamaah dan mengaji, kalo kita sholatnyanya masbuk maka kita akan dikenakan Takziran juga, yaitu membaca surat At-Taubah.

Balik lagi ke ke Hari Santri. Menurut kalian jadi santri itu enak enggak sih?

Sebelum kalian jawab mungkin aku dulu yang mencoba jawab wkwkw. Kalo menurutku sih jadi santri enak banget. Duulu aku anti banget sama yang namanya mondok. Tapi sekarang sudah kebalik. Jadi santri itu enak, disana kita bisa belajar ilmu agama dn ilmu kehidupan selain ilmu kuliah. Makannya bareng bareng sama temen temen yang lainnya, saling membantu satu sama lain kalau ada yang kesusahan, anaknya baik baik, seniornya membimbing banget, dan  kalo ibadah kita lagi down pasti kita ada yang ingetin agar kita tetap semangat buat melaksanakan ibadah lagi, oh ya tidak lupa enaknya jadi santri itu kita bisa menambah bahasa (misalnya bahasa madura,jawa,indonesia, arab,inggris,dll), serta banyak lagi enaknya jadi santri.

Untuk kalian para santri, jangan sia siain waktu mondok kalian yaa. Harus tetap semngat menimba ilmu khususnya ilmu agama, jangan nakal, dan patuhi semua aturan aturan yang ada di pondok. Semangat..

Selamat Hari Santri Nasional

Lumajang, 22 Oktober 2017

Iklan

13 tanggapan untuk “Tentang Hari Santri

      1. Baru tau kalo bang ryan pernah malu πŸ˜€. Tp gpp bang yg penting sudah pernah jd santri πŸ˜€. Kata gus mus kan santri itu bukan hanya yg tinggal dipondok saja. Kalo orang itu mencerminkan akhlak yg baik katanya itu juga bisa disebut santri kok .

        Suka

    1. Iya benar. Memang ada pondok yang menerapkan sistem english day. Biasanya pondok yg menerapkan sistem seperti itu ya pondok yang memang sudah maju dan pondok modern.
      Contohnya di pare (kediri). Pare terkebal dg kampung inggrisnya. Tp selain terkenal dg kampung inggris, di pare jg sebagian besar banyak pondok pesantrennya. Jd di ponpes tsb otomatis santrinya harus bisa berbahasa inggris.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s