CARA MENANGANI GANGGUAN BIPOLAR DISORDER PADA DIRI SESEORANG.

moods-swings-remedies.jpg
Google.com

Menurut KBBI pengertian Bipolar adalah :

photo6059731794598668513.jpg

Karena saya belum puas dengan pengertian seperti itu jadi saya search lagi tentang apa itu Bipolar Disorder. Dan menurut Wikipedia pengertiannya seperti ini :

photo6059731794598668515.jpg

Dan saya menarik kesimpulan bahwa Gangguan Bipolar Disorder adalah gangguan mental yang di alami oleh seseorang yang telah mengalami depresi sebelumnya. Depresi  tersebut bisa terjadi karena banyaknya tekanan tekanan yang ada di pikiran si penderita.  Apa saja penyebab seseorang menjadi Depresi ?

Mari kita simak apa apa saja yang menyebabkan seseorang anak mengalami Depresi :

  1. Karena tekanan dalam Keluarga (Orang tua)

Setiap keluarga memiliki cara sendiri sendiri dalam mencapai visi misi keluarganya. Terkadang ada keluarga yang menginginkan anaknya menjadi seorang anak yang hebat, pintar, sukses, dan pasti bisa membanggakan kedua orang tuanya (semua orang tua sepertinya ingin anaknya seperti itu :D). Tapi ada memang sebagian orang tua yang memaksa anaknya agar menjadi seperti orang lain yang menurutnya hebat, padahal orang tuanya sebenarnya tau kalau kemampuan anaknya itu seberapa. Dan hal inilah yang menyebabkan anak menjadi tertekan, dengan tuntutan tuntutan orang tuanya.

Selain dari tuntutan orang tua. Ada juga anak yang terlahir sebagai broken home. Jadi kedua orang tuanya pisah. Karena pisah, maka si anak jadi kekurangan kasih sayang kedua orang tuanya. Jadi, anak tersebut mencari kebahagiaannya sendiri diluar sana. Dan hal tersebut juga dapat menyebabkan anak menjadi depresi.

Ketidak harmonisan dalam keluarga juga berpengaruh kepada anak . Misalnya, kedua orang tuanya setiap hari sering bertengkar di rumah. Hal tersebut bisa membuat anak ketakutan, lalu ikut  memikirkan masalah kedua orang tuanya, dan akhirnya depresi.

  1. Tekanan dari lingkungan sekitar

Lingkungan sekolah anak juga berpengaruh besar anak akan menjadi depresi. Misalnya, ketika anak disekolah banyak mengikuti kegiatan sekolah yang begitu padat, dengan tugas sekolah yang menumpuk. Akhirnya anak menjadi kebanyakan mikir dengan hal hal tersebut.

Selain itu, pergaulan dengan teman temannya juga berpengaruh anak menjadi depresi. Misalnya, seringnya terjadi pembullyan kepada si anak juga sangat berpengaruh. Karena seringnya di bully , akhirnya anak menjadi suka menyendiri, tidak mau berteman dengan siapapun, dan akhirnya depresi.

  1. Faktor keturunan

Penyakit mental seperti depresi juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jadi ada anggota keluarga yang dari dulu memang memiliki atau mengidap penyakit mental juga. Sehingga akhirnya  si anak menurunkan atau diwarisi penyakit dari orang tuanya tersebut.

Kembali ke Bipolar Disorder. Menurut survei yang saya lakukan langsung kepada orang tua si penderita, anak yang mengalami gangguan seperti ini biasanya memiliki mood yang tidak stabil. Kadang good mood, kadang bad mood, dan tidak jarang mengalami mood swings  yang  mudah berubah setiap saat. Jadi, kita sebagai orang terdekatnya harus mengerti dan harus memahami si anak, kalau moodnya memang mudah berubah ubah.

Terkadang anak yang mengalami gangguan bipolar disorder ini biasanya tidak jarang akan mendengar bisikan bisikan dari dalam hatinya. Kadang mereka mendapat bisikan yang baik dari hatinya dan kadang pula mendapat bisikan yang buruk dari dalam hatinya tersebut. Dan tidak jarang si anak juga akan berperang dengan bisikan bisikan yang ada dalam hatinya ketika bisikan tersebut tidak sesuai dengan apa yang di inginnya. Maka dari itu, si penderita gangguan bipolar disorder ini sangat membutuhkan penanganan yang lebih dari dokter maupun dari orang orang terdekatnya.

Apa hal hal yang harus dilakukan untuk menangani penderita gangguan Bipolar Disorder ?

Sebagai keluarga dan orang terdekat, maka kita harus tahu bagaimana cara menangani anak yang mengalami gangguan Bipolar Disorder ini,yaitu dengan :

  • Kasih sayang

Memberikan kasih sayang yang lebih adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh anak yang mengalami gangguan seperti ini. Setiap dia bicara kepada kita, kita harus bisa merespon apa yang dibicarakan. Dan jangan sampai si penderita merasa tidak dihiraukan dengan apa yang dibicarakannya. Ketika si penderita merasa tidak dihiraukan, bisa bisa nanti si penderita akan kesal dan marah kepada kita dengan meninggikan suaranya ketika marah. Maka, kita sebagai orang orang yang merawatnya jangan sampai kaget ketika kita merasa jengkel dan seketika muak dengan apa yang di lakukan si penderita. Kita harus sabar merawatnyan dan harus sangat memahaminya.

  • Minum obat teratur

Obat-obatan adalah yang harus dikonsumsinya setiap hari. Jadi si penderita tidak boleh telat minum obat. Efek telat minum obat, akan menyebabkan penyakitnya gampang kambuh. Jadi, kita sebagai orang terdekatnya jangan sampai lupa mengingatkan si penderita untuk minum obat setiap hari.

  • Pergi ke Psikiater

Sebenarnya membawa si penderita ke Psikiater adalah langkah awal agar penyakitnya cepat bisa teratasi. Karena seorang psikiater akan lebih tahu dan paham akan penyakitnya, dan harus dikasih obat obatan seperti apa untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut. Setelah mendapat obat dari psikiater, obat tersebut harus diminum secara teratur. Dan si penderita baiknya setiap bulan harus check up secara teratur juga.

Dilakukan check up setiap bulan, untuk mengetahui bagaimana perkembangan si penderita setelah minum obat sebelumnya. Apakah ada perkembangan sembuh kembali atau lebih parah. Ketika ada perkembangan sembuh kembali, maka si psikiater akan mengurangi dosis obatnya  lebih rendah dari dosis yang sebelumnya dan seterusnya sampai si penderita mulai membaik dan sembuh secara sempurna.

Demikian yang harus dilakukan ketika menangani penderita yang mengalami gangguan Bipolar Disorder ini. Jadi, sebagai anggota keluarga atau orang terdekat, kita harus sabar menanganinya, selalu memberikan kasih sayang dengan tidak lupa mengingatkannya minum obat setiap hari, merespon apa apa yang dibicarakannya, dan jangan sampai tidak menghiraukannya. Walaupun kita sering jengkel, muak, marah terhadap kelakuan si penderita ya kita harus benar benar memakluminya. Andaikan kita tahu, gejala yang terjadi itu bukan karena adanya kemauan si penderita. Kita harus memahami bahwa orang yang mengalami gangguan Bipolar sendiri akan menderita olehnya. Jadi kita harus benar benar ekstra sabar ya 😀

Iklan

11 tanggapan untuk “CARA MENANGANI GANGGUAN BIPOLAR DISORDER PADA DIRI SESEORANG.

  1. Kalau saya baru dengar dan sekaligus bc tau istula bipolar disorder. Sangat bermanfaat. Terimakasih tulisan mu bermanfaat.

    Jadi secara umum klo boleh saya simpulkan penyebab utama adalah tekanan mental baik itu datang dr keluarga maupun lingkungan.

    Suka

    1. Terima kasih bang.
      iya bang sebagian besar orang yang menderita penyakit mental awalnya dari adanya tekanan tekanan dr keluarga atau luar yang awalnya di pendam secara terus menerus, karena enggak kuat akhirnya tekanan tsb keluar menjadi sebuah depresi.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s